Rabu, 13 Oktober 2010

Pengertian ISD,ruang lingkup dan peran ISD dalam masyarakat

Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu pengetahuan yang mencakup masalah- masalah sosial khususnya masalah-masalah yang di wujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan sebuah pengertian misalnya fakta, teori, dan konsep yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keeahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ekonomi, psikologi sosial, dan sejarah.
ISD itu sendiri merupakan sebuah usaha dimana untuk memberikan sebuah pengetahuan umum dan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan pemahaman seseorang dalam menghadapi suatu lingkungan sosial lebih dapat di tingkatkan dan dapat mengatasinya dengan baik.
Ruang lingkup ISD meliputi dua aspek utama yaitu studi manusia dan masyarakat serta studi lembaga-lembaga sosial. Peran ilmu ini dalam masyarakat adalah bahwa ilmu ini merupakan landasan dasar untuk permasalahan yang ada di dalam masyarakat agar dapat di selesaiakan sesuai dengan ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya.


referensi : sulfikar.com dan pengembangan diri sendiri
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar