Senin, 27 Juni 2011

Penderitaan, media massa dan seniman

Penderitaan, media massa dan seniman

Beberapa sebab lain yang menimbulkan penderitaan manusia ialah kecelakaan, bencana alam, bencana perang. dan lain-lain. Contohnya ialah tenggelamnya kapal yang sedang berlayar, jatuhnya pesawat hercules yang mengangkut para perwira muda di Condet, Meletusnya gunung merapi,perang Irak-Iran. Berita mengenai penderitaan manusia silih berganti mengisi lembaran koran, layar TV, pesawat radio, dengan maksud supaya semua orang yang menyaksikan ikut merasakan dari jauh penderitaan manusia. Oleh karena itu disini media massa mempunyai andil yang cukup besar untuk menyampaikan apa-apa yang sedang terjadi. Dengan demikiaan dapat menggugah hati manusia untuk berbuat sesuatu.
Nyatanya tidak sedikit bantuan dari para dermawan dan sukarelawan berupa material atau tenaga untuk meringankan penderitaan dan penyelamatan mereka dari musibah ini. Bantuan-bantuan ini dilakukan secara perseorangan ataupun melalui organisasi-organisasi sosial, kemudian dikirimkan atau diantarkan langsung ke tempat-tempat kejadian dan tempat-tempat pengungsian.Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama manusia terutama bagi yang merasa simpati.
Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni. Misalnya para fotografer yang mengambil tema penderitaan yang biasanya mereka ambil didaerah yang kurang terjaga lingkungannya seperti kali yang penuh sampah, tatanan rumah yang kurang baik, kebersihan yang kurang terjaga yang nantinya kesemua hasil dari pemotretan akan ditampilkan pada pertunjukkan galeri. Dari hasil pertunjukkan galeri para pengunjung bisa ikut merasakan penderitaan dari sebagian saudaranya yang kurang beruntung dan disini para pengunjung bisa lebih bersyukur atas apa yang sudah diperolehnya dan lebih memperhatikan saudara-saudaranya yang kurang beruntung.


http://metakalasari.wordpress.com/2010/06/09/pengertian-penderitaan/
http://tulisendw.blogspot.com/2010/02/manusia-dan-penderitaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar