Senin, 27 Juni 2011

Pengertian Keindahan

Pengertian Keindahan

Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena sifatnya yang relative mungkin tidak semua orang menganggap bahwa seseuatu yang indah itu benar-benar indah bagi orang lain. Keindahan itu jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itu keindahan dapat berkomunikasi. Jadi, sulit bagi kita jika berbicara mengenai keindahan, tetapi jelas bagi kita jika berbicara mengenai sesuatu yang indah.
Keindahan hanya sebuah konsep, yang baru berkomunikasi setelah mempunyai bentuk, misalnya lukisan, pemandangan alam, film, nyanyian dan segala hal yang bersifat indah.
Keindahan merupakan sesuatu yang dianggap cantik, bagus, menarik dan ini semua merupakan sifat-sifat dari tempat, hewan, objek atau gagasan yang memberikan suatu arti kesenangan, kepuasan, dan keelokan. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya. Keindahan dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang diserapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan wama.
Pengalaman keindahan biasanya bersifat terlihat atau terdengar walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut keindahan tersebut pada dasarnya adalah almiah. Keindahan adalah apa yang menarik jiwamu, kepadanya cinta diberikan dan bukan diminta. Dia benda yang kau rasakan ketika tangan terulur keluar dari kedalaman dirimu, dia rantai yang mempertalikan kebahagiaan dan kesedihan. Ia adalah kegaiban yang dapat kau lihat, kekaburan yang dapat kau mengerti, dan ketidak jelasan yang dapat kau dengarkan. Ia yang suci diantara hal-hal yang suci yang bermula di dalam dirimu dan berakhir di luar ujung terjauh khayalan duniawimu.

http://hudanggit.blogspot.com/2011/03/perbedaan-antara-keindahan-sebagai.html
http://baguspemudaindonesia.blogdetik.com/2011/03/13/manusia-keindahan/
http://angga12casidy.wordpress.com/2011/03/15/tugas-ibd-4-manusia-dan-keindahan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar